ayo Belajar....!!!!!

Semangat bersama mencari Penghuni otak yang Baik....biar Seru kawan....!!!!

Senin, 22 November 2010

melakukan KURETASE

Kuretase adalah cara membersihkan hasil konsepsi memakai alat kuretase (sendok kerokan). Sebelum melakukan kuretase, penolong harus melakukan pemeriksaan dalam untuk menentukan letak uterus, keadaan serviks dan besarnya uterus. Gunanya untuk mencegah terjadinya bahaya kecelakaan misalnya perforasi.
Persiapan Sebelum Kuretase:



1.Persiapan Penderita


Lakukanlah pemeriksaan umum : Tekanan Darah, Nadi, Keadaan Jantung, dan Paru – paru dan sebagainya.


Pasanglah infuse cairan sebagai profilaksis


2.Persiapan Alat – alat Kuretase


Alat – alat kuretase hendaknya telah tersedia alam bak alat dalam keadaan aseptic (suci hama) berisi :


Speculum dua buah


Sonde (penduga) uterus


Cunam muzeus atau Cunam porsio


Berbagai ukuran busi (dilatator) Hegar


Bermacam – macam ukuran sendok kerokan (kuret)


Cunam abortus kecil dan besar


Pinset dan klem


Kain steril, dan sarung tangan dua pasang.


3.Penderita ditidurkan dalam posisi lithotomi


4.Pada umumnya diperlukan anestesi infiltrasi local atau umum secara IV dengan ketalar.


Teknik Kuretase


1.Tentukan Letak Rahim.


Yaitu dengan melakukan pemeriksaan dalam. Alat – alat yang dipakai umumnya terbuat dari metal dan biasanya melengkung karena itu memasukkan alat – alat ini harus disesuaikan dengan letak rahim. Gunanya supaya jangan terjadi salah arah (fase route) dan perforasi.


2.Penduga Rahim (Sondage)


Masukkan penduga rahim sesuai dengan letak rahim dan tentukan panjang atau dalamnya penduga rahim. Caranya adalah, setelah ujung penduga rahim membentur fundus uteri, telunjuk tangan kanan diletakkan atau dipindahkan pada portio dan tariklah sonde keluar, lalu baca berapa cm dalamnya rahim.


3.Dilatasi


Bila permukaan serviks belum cukup untuk memasukkan sendok kuret, lakukanlah terlebih dulu dilatasi dengan dilatator atau Bougie Hegar. Peganglah busi seperti memegang pensil dan masukkanlah hati – hati sesuai letak rahim. Untuk sendok kuret terkecil biasanya diperlukan dilatasi sampai Hegar nomor 7. Untuk mencegah kemungkinan perforasi usahakanlah memakai sendok kuret yang agak besar, dengan dilatasi yang lebih besar.


4.Kuretase


Seperti telah dikatakan, pakailah sendok kuret yang agak besar. Memasukkannya bukan dengan kekuatan dan melakukan kerokan biasanya mulailah di bagian tengah. Pakailah sendok kuret yang tajam (ada tanda bergerigi) karena lebih efektif dan lebih terasa sewaktu melakukan kerokan pada dinding rahim dalam (seperti bunyi mengukur kelapa). Dengan demikian kita tahu bersih atau tidaknya hasil kerokan.


5.Cunam Abortus


Pada abortus inisipiens, dimana sudah kelihatan jaringan, pakailah cunam abortus untuk mengeluarkannya yang biasanya diikuti oleh jaringan lainnya. Dengan demikian sendok kuret hanya dipakai untuk membersihkan sisa – sisa yang ketinggalan saja.


6.Perhatian :


Memegang, mamasukkan dan menarik alat – alat haruslah hati – hati. Lakukanlah dengan lembut (with lady’s hand) sesuai dengan arah dan letak rahim.


2 komentar:

  1. APAKAH KURET ITU BNAR-BNAR AMN.DAN TIDAK MENINGGALKAN INNFEKSI BAGI PASIEN YG INGIN MELAKUKAN KURET

    BalasHapus
  2. Wah lengkap penjelasannya poll mengenai apa-apa yang disiapkan untuk tindakan kuretase. Oh ya, sendok kuret itu memang ada yang tajam (tajam bukan dalam arti sebenarnya ya)dan ada yang tumpul. Trus sendok kuret juga ada ukurannya, biasanya No 1 sampai no 6.

    Untuk info instrument medis dan harganya bisa dilihat di : alat instrument medis

    BalasHapus